Senin, 03 Juni 2013

orang pertama pembuat Twitter

Twitter

Twitterr merupakan Jejaring social yang paling disukai oleh masyarakat nomer ke 2 setelah facebook untuk saat ini, twitter dibuat Pada tahun 2005, yakni pendiri Twitter, Noah Glass dan Evan William menciptakan startup bernama Odeo yang fokus pada layanan podcasting. Tetapi mereka mengundurkan diri dari bisnis tersebut setelah iTunes Store milik Apple muncul dengan layanan serupa.

Dan Noah dan Evan kemudian berdiskusi dengan rekan mereka, yang bernama Jack Dorsey, yang saat itu tengah mengembangkan sebuah layanan messaging yang unik. Tim inti Odeo, termasuk Biz Stone, akhirnya membangun sebuah startup baru yang bernama Obvious Corp.

Lewat startup baru ini, mereka mengembangkan beberapa aplikasi, termasuk aplikasi messaging dengan kode nama “Twttr”. Mereka menambahkan 2 huruf vokal ke dalam kode nama aplikasi itu, menjadi Twitter, dan merilisnya pada tahun 2006.

Pada tahun 2007, Twitter menjadi populer. Oleh Evan, Odeo dijual kepada perusahaan Sonic Mountain yang berbasis di New York. Setelah pivot, Odeo masih eksis hingga kini sebagai penyedia platform manajemen video untuk kelas enterprise. pada Kelima perusahaan yang disebutkan di atas merupakan beberapa contoh dari perusahaan-perusahaan yang menjadi berhasil setelah melakukan pivot. Tetapi, perjalanan mereka menuju sukses pun tidak bisa dikatakan instan.

Selain mereka, masih banyak startup—di dalam maupun luar negeri—yang melakukan pivot demi menyelamatkan usahanya. Tak jarang, pivot yang harus dilakukan cukup ekstrem dan menuntut pendiri startup mengubah ide dasar, tipe layanan, serta target pengguna layanannya tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar